Faktor Yang Mempengaruhi Biduran

Faktor Yang Mempengaruhi Biduran

Faktor Yang Mempengaruhi Biduran

Biduran atau lebih umum disebut dengan kaligata adalah suatu penyakit kulit yang sering terjadi dan banyak dijumpai di Indoensia. Biduran ini merupaka suatu kondisi yang terjadi dan ditandai oleh adanya bentol atau ruam merah pada kulit yang akan terasa gatal, panas, dan perih.

Pada umumnya kondisi ini akan berlangsung selama 2-3 hari, dan akan sembuh dengan sendirinya. Tetapi, jika kondisi sudah termasuk kronis maka hal ini akan berbahaya, dan harus segera dilakukan pemeriksaan agar mendaopatkan pengobatan yang tepat.

Biduran pada umumnya disebabkan oleh beberapa hal yang bisa membuat kulit menimbulkan reaksi alergi. Secara medis, biduran timbul karena adanya histamin yang dikeluarkan tubuh dan bisa menimbulkan bentol serta ruam merah yang akan terasa sangat gatal-gatal pada permukaan kulit.

Faktor Yang Mempengaruhi Biduran

Berikut adalah beberapa faktor yang dapat memicu terjadinya biduran ;

1. Pengaruh Perubahan Cuaca

Biduran bisa terjadi karena adanya pengaruh perubahan cuaca terutama terjadinya tekanan dan perubahan tinggi. Beberapa orang dapat mengalami biduran pada saat memasuki cuaca yang sangat panas atau dingin. Akibatnya, tubuh akan memberikan reaksi kuat sehingga menyebabkan biduran. Biduran yang disebabkan oleh perubahan cuaca, biasanya akan kembali pulih dengan sendirinya dan hanya membutuhkan waktu sekitar beberapa jam.

2. Pengaruh Bahan Kimia dalam Makanan

Beberapa orang bisa terkena penyakit biduran setelah konsumsi makanan yang di dalamnya terdapat bahan kimia. Bahan kimia yang terdapat dalam makanan biasnya digunakans sebagai pewarna, pemanis, dan pengawet buatan. Makanan yang mengandung bahan kimia khusus seperti inilah yang bisa menyebabkan reaksi alergi pada kulit. Kondisi seperti ini paling umum terjadi pada anak-anak yang sering mengkonsumsi makanan instan, atau cemilan.

3. Pengaruh dari Paparan Sinar Matahari

Umumnya orang yang tidak terbiasa dengan paparan sinar matahari secara langsung kemungkinan bisa mengalami biduran. Paparan sinar matahari yang langsung kena pada kulit akan menyebabkan terjadinya tekanan dan rasa panas berlebih. Akibat dari tekanan dan rasa panas inilah, timbul biduran pada kulit. Seseorang yang mengalami biduran akibat sinar matahari, akan cepat sembuh dengan syarat menghindari paparan sinar matahari.

4. Pengaruh Infeksi

Seseorang yang mengalami infeksi dan mengakibatkan timbulnya biduran akibat halo tertentu seperti bulu hewan, sebuk dari, atau alergi hal lain. Infeksi ini umumnya terjadi karena sistem imun dalam tubuh menurun. Untuk itu, biasanya orang yang menderita biduran karena pengaruh infeksi ini akan disertai dengan demam, atau kondisi lain.